PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS KERIPIK SINGKONG




BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Identifikasi peluang bisnis
Makanan yang merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupannya kini semakin berkembang.Kebutuhan pokok tersebut bukan hanya makanan berat seperti nasi; bubur; roti; dan makanan pokok lainnya, tetapi makanan ringan atau yang sering disebut snack kini sudah menjadi hal pokok yang dibutuhkan masyarakat dari berbagai tingkat umur.  Hal ini terbukti dengan adanya banyak produk snack yang ditawarkan oleh perusahaan besar maupun kecil dan dipasarkan di warung-warung, toko-toko, dan juga supermarket.
Di wilayah Kab Karawang sendiri, peluang bisnis snack sangat terbuka lebar bagi para pelaku bisnis. Dilihat dari banyaknya pendatang yang berstatus mahasiswa  maupun karyawan yang datang dari berbagai kota. Mereka cenderung menyukai jajan atau makanan ringan untuk dikonsumsi karena bersifat praktis serta dapat dimakan kapanpun dan dimanapun.Selain itu, banyak toko-toko agen makanan kecil sehingga memudahkan pelaku usaha untuk mendistribusikan produknya tanpa harus membuang banyak tenaga untuk menjajakan produk secara langsung dengan konsumen akhir.
Untuk membuat konsumen lebih leluasa menikmati snack yang bervariasi, Kami menawarkan produk keripik Singkong dengan berbagai rasa yang saya beri nama singkong yen. Biasanya, keripik singkong  ada di Kab Karawang bercita rasa pedas dan asin. Namun,  usaha Kami ini akan memproduksi keripik singkong dengan rasa original,pedas, manis, balado. Selain memiliki rasa yang variatif, produk ini dilengkapi dengan saus rasa yang menggugah selera.
1.2    Penjelasan produk
Pembuatan produk ini tidak begitu sulit, karena bahan mudah didapatkan dan tidak membutuhkan terlalu banyak proses. Untuk membuat produk ini Kami membutuhkan bahan utama singkong dan minyak goreng serta bahan pembantu yang terdiri dari gula, garam, merica, pewarna makanan, perasa makanan ( pedas, manis, balado).Selain itu, untuk memproduksinya juga membutuhkan peralatan seperti pisau, alat pemasrah/pemotong, baskom, wajan, serok dan susuk, serta nampan.
1.3  Latar belakang bisnis
Keripik singkong merupakan salah satu produk makanan ringan yang banyak digemari konsumen.Rasanya yang renyah dan murahnya harga yang ditawarkan menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai Anda bersama rekan dan keluarga.Seiring dengan perkembangan pasar, kini produsen mulai mengembangkan melakukan inovasi produk untuk mengembangkan varian rasa dari keripik singkong sesuai dengan permintaan konsumen. Salah satunya adalah dengan menambahkan rasa baru seperti rasa original,pedas, keripik singkong keju, keripik singkong original, keripik singkong balado, keripik singkong rasa rumput laut, keripik singkong jagung manis, dan berbagai rasa lainnya, yng tentunya cocok untuk dijadikan makanan ringan. Selain memiliki rasa yang variatif, produk ini dilengkapi dengan saus rasa yang menggugah selera.
     Sejatinya, produk keripik singkong aneka rasa bukan barang baru bagi masyarakat Indonesia. Namun dengan menambahkan sedikit inovasi dalam di mulai dari pemilihan singkong yang berkualitas, pembuatan keripik yang tidak mudah hancur tapi tetap renyah dan memiliki rasa yang beraneka ragam, maka keripik tersebut akanbanyak dicari konsumen dan menjadi salah satu peluang bisnis yang memiliki peluang bisnis yang menjanjikan.
1.4  Tujuan          
Tujuan dari didirikannya usaha ini adalah:
a)      Untuk mewujudkan misi kami yaitu berwirausaha
b)      Memperoleh keuntungan usaha
c)      Memanfaatkan produk pertanian lokal menjadi produk yang lebih inovatif
d)     menembus pasar lokal.
1.5       Potensi bisnis
                        Produk ini memiliki peluang bisnis yang menjanjikan karena banyaknya konsumen yang menyukai keripik Singkong di Kab Karawang dan dengan memberi cita rasa rasa variatif dan inovatif. Hal ini akan, membuat konsumen konsumen tertarik karena banyaknya pilihan rasa dalam produk yang tersedia.

BAB II
PROFIL USAHA

A.      Identitas Perusahaan
Nama unit usaha ini diberi nama Keripik Yen dikarenakan bergerak dalam usaha Cemilan dengan kualitas yang baik dengan harga Terjangkau, yang berasal daridaerah karawang.Nama singkong yen sendiri adalah singkatan dari young enterprenuer (YEN).
Nama Perusahaan          : Home Industri singkong yen
Bidang Usaha                : Makanan
Jenis Produk                  : Keripik Singkong
Alamat                           : Desa komsambibatu, karawang, jawa barat.
Mulai Berdiri                 : 2015
B.       IDENTITAS PENGUSAHA
Pemilik                          : Nana Sumarna
Tempat Tanggal Lahir : Karawang, 2 mei 1997
Alamat Ruma                : Jl. Kosambibatu, desa kosambibatu karawang
No Telepon                    : 085693137324
Alamat E-mail               : shinshegi17@gmail.com





C.      STRUKTUR ORGANISASI




 





Rounded Rectangle: MANAJEMAN KEUANGANRounded Rectangle: PEMASARAN & SDMRounded Rectangle: MANAJEMAN PRODUKSI

BAB III
ANALISIS KELAYAKAN USAHA

1.        ASPEK-ASPEK YANG DIBAHAS
Dalam penyusunan laporan studi kelayakan bisnis ini, penyusun menggunakan empat aspek yang disesuaikan dengan kenyataan dilapangan. Keempat aspek tersebut adalah aspek produk dan proses usaha, aspek pemasaran, aspek sumber daya manusia, dan Aspek keuangan  berikut penjelasannya.

A.      ASPEK PASAR
Aspek pasar/ pemasaran sebagai titik tolak kerangka pemikiran studi kelayakan.Aspek yang menentukan perlu tidaknya analisa lebih lanjut pada aspek – aspek lainnya     Rata-rata penggemar berat makanan snack adalah kalangan remaja dan dewasa. Ini menjadikan sebagai target pasar yang sangat potensial, dengan cara menawarkan beberapa aneka rasa untuk memenuhi permintaan para konsumen. Di samping itu, kami juga menyediakan varian rasa yang lain selain pedas , seperti keripik singkong keju, keripik singkong original, keripik singkong balado, keripik singkong rasa rumput laut, keripik singkong jagung manis, dan berbagai rasa lainnya, yng tentunya cocok untuk dijadikan makanan ringan.
1.    SUMBER KEUNGGULAN :
  Produk            yang kami tawarkan terbuat dari singkong pilihan agar menghasilkan keripik yang tidak mudah hancur. Selain itu, dengan banyaknya pilihan rasa yang tersedia tidak akan membuat konsumken merasa bosan karena banyaknya rasa yang di tawarkan.       
  Promotion yang kami lakukan lewat social media karena target kami adalah remaja dan dewasa yang sering menggunakan akun social media untuk mencari informasi tau memposting pengalamanna.
  Harga yang kami berikan relative murah karena target pasar kami adalah anak muda dan orang dewasa
  Brand
  Service yang kami berikan yaitu dengan memberikan snack yang terjangkau dan memiliki pilihan aneka rasa yang beragam.
  Proses pemasaran kami menggunakan sosmed karena cangkupan pasar yang luas dan karena target utama produk kami adalah anak muda dan dewasa yang aktif dalam social media.
2.    FAKTOR YANG BERPENGARUH :
  Pertumbuhan Penduduk di kab karawang sendiri relative meningkat hal ini karena banyak perantau yang dating dari luar kota ke kab karawang untuk kuliah maupun untuk bekarja. karena itu, ini menjadikan usaha snack di karawang masi dalam kategori pasar potensial.
  Pertumbuhan Ekonomi masyarakat di kab karawang relative meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini bisa di lihat dari meningkatnya tafif UMR di kab karawang yang terbesar di Indonesia.
  Arah perkembangan Teknologi relative sedrhana dan tidak memerlukan keahlian khusus dalam pembuatannya.
  Siklus hidup produk

B.       ASPEK PEMASARAN
1.    STRATEGI PEMASARAN
§  Metode Penjualan dan Distribusi terbagi menjadi 2, yaitu :
Berdasarkan volume penjualan yaitu:
·         Ritel/eceran yaitu dengan menjual secara langsung kepada konsumen. Penjualan bisa mengguanakn social media agar produsen bisa lebih berinteraksi dengan konsumen
·         Grosir yaitu penjualan lewat jalur distributor sebelum ke pengecer dan konsumen

2.    Berdasarkan Mekanisme:
  Toko / outlet
  Katalog
  Situs WEB

3.    Analisis strategi pemasaran(STP)
  Segmentasi yang menjadi segmen dari usaha ini adalah kelas menengah-kebawah 
  Targeting yang menjadi target market adalah semua usiayang menyukai cemilan dengan bahan dasar singkong terutama anak muda dan dewasa.
  Positioning kami ingin menciptakan image di benak konsumen sebagai penghasil kripik singkong yang paling diminati.

4.    Iklan dan Promosi
Iklan dan Promosi adalah suatu kegiatang yang bertujuan untuk menginformasikan, membujuk, mengingatkan kepada konsumen terhadap produk yang kita buat agar konsumen tertarik dan melakukan pembelian.
  Iklan : dalam periklanan kami menggunakan selebaran dan lewat internet yaitu dengan akun social media
  Promosi : yang kami lakukan lewat pembagian kupon maupun promo diskon ketika ada produk baru yang keluar.

C.       ASPEK TEKNIS DAN OPERASI
1.    Lokasi Usaha
Adapun dalam pertimbangan lokasi usaha adalah di daerah kab karawang  berdasarkan pertimbangan sebagai berikut:
}  Penentuan lokasi usaha
      Lokasi kantor pusat, pabrik, gudang dan kantor cabang.
      Pertimbangannya:
  Jenis usaha yang dijalankan yaitu pembuatan keripik singkong yen
  Dekat dengan pasar atau konsumen karena karwang adalah kota penghubung anatara bekasi-jakarta sehingga memudahkan produsen dalam memaarkan produknya.
  Dekat dengan bahan baku utama yaitu singkong.
  Tersedia tenaga kerja yang banyak dan berkualitas di kab karawang
  Tersedia sarana pra sarana (transportasi, listrik dan air)
  Dekat dengan pusat pemerintahan.
  Dekat dengan lembaga keuangan.
  Berada dikawasan industri.
  Kemudahan melakukan perluasan.
Berdasarkan pertimbangan di atas maka kami menyimpulkan bahwa pemilihan lokasi di daerah kab karawang adalah termasuk lokasi yang potensial dalm pembuatan maupun pemasaran produk singkong yen.
2.         Peralatan
Dalam hal peralatan kami telah menyediakan peralatan yang akan digunakan dalam proses produksi, yaitu antara lain:
a)       Kompor
b)      Wajan
c)      Peniris
d)     Timbangan
e)      Spatula
f)       Pisau
g)      Alat pembuat merek
h)      Alat pengemasan bungkus produk

3.    Teknologi
Dalam hal penyediaan teknologi yang digunkan relative mudah digunakan sehingga memudahkan kegiatan produksi keripik singkong yen.

4.    Jam kerja
Jam kerja / waktu bukaproduksi kami yaitu  selama 12 jam  perhari yang teridri dari  8 karyawan dimulai dari proses produksi sampai proses pemasaran produk.

D.      ASPEK MANAJEMEN
1.    Perencanaan
Dalam membuka suatu usaha diperlukan adanya manajemen yang layak agar usaha tersebut memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Usaha keripik singkong yen yang akan dibuka akan direncanakan seperti berikut ini :
·         Pada bulan pertama akan dilakukannya pencarian lokasi
·         Pada bulan ke dua akan dilakukannya pengurusan surat izin dan juga menyewa tempat
·         Pada bulan ke tiga akan dilakukannya pembelian peralatan produksi dan perlatan penunjang perusahaan
·         Pada bulan ke empat akan dilakukan perekrutan karyawan
·         Pada bulan kelima akan diadakannya promosi
·         Pada bulan ke enam usaha berjalan seperti yang seharusnya

2.      Pengorganisasian
Struktur organisasi pada Home industry  kami
Pemilik adalah orang yang memiliki usaha tersebut, pemilik juga berfungsi sebagai direktur pada usaha  ini.
Manajemen pemasaran dan sdm adalah karyawan yang bertugas dalam melaksankan pemasaran produk ke konsumen dan kegitan perekrutan dan pengembangan produk.
Manajemen produksi adalah karywan yang mengurusi kegiatan  produksi di mulai dari kegiatan pencarian bahan baku dan pembuatan produksi sampai proses packing dan quality control produk.
Manajemen kuangan adalah karyawan yang mengurusi kegiatan keauangan perusahaan seperti pembuatan laporan keuangan dan laporan rugi laba yang digunakan untuk evalusi perusahaan apakah kinerjanya sudah optimal.
Struktur Organisasi



 





Rounded Rectangle: MANAJEMAN KEUANGANRounded Rectangle: PEMASARAN & SDMRounded Rectangle: MANAJEMAN PRODUKSI


Dalam tahap ini semua yang telah direncanakan harus dilaksanakan dengan sebaik – baiknya agar apa yang telah direncanakan berjalan dengan benar
3.      Pelaksanaan
Dalam tahap ini semua yang telah direncanakan harus dilaksanakan dengan sebaik – baiknya agar apa yang telah direncanakan berjalan dengan benar
4.      Pengawasan
Dalam tahap ini nanti kita menilai apakah pelaksanaan sudah sesuai dengan rencana atau belum
E.        ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
Dalam penentuan sumber daya manusia  kami membututkan  3 orang manager untuk kegiatan produksi sampai pmasaran produk. Adapun fungsi masing karyawan adalah sebagai berikut:
1.          Manajemen pemasaran dan sdm berfungsisebagai pengatur pamasaran produk dan pencarian sdm, mulai dari pencarian karyawan masuk sampai dengan  pemasaran produk perusahaan.
2.          Manajemen produksi berfungsi untuk mengurusi kegiatan  produksi di mulai dari kegiatan pencarian bahan baku dan pembuatan produksi sampai proses packing dan quality control produk.
3.          Menajemen keuangan berfungsiuntukmengurusi kegiatan keuangan perusahaan sampai dengan pembuatan laporan keuangan perusahaan kepada pemilik Home Industry Singkong Yen.

F.        ASPEK KEUANGAN
1.    Asumsi
- Produksi skala rumah tangga
- Dibantu oleh 8 orang tenaga kerja

2.         Modal awal
Mesin pengiris singkong (Slicer)                              Rp 4.500.000
Mesin pengemas (Sealer)                                         Rp   500.000
Peralatan menggoreng (wajan dan alat penirisnya)     Rp   300.000
Kompor gas dan tabung 3 kg                                                Rp   300.000  
Total                                                                      Rp 5.600.000

Peralatan mengalami penyusutan dengan rincian sebagai berikut :
- Mesin slicer : 1/60 x Rp 4.500.000                  Rp  75.000/bln
- Mesin sealer : 1/36 x Rp 500.000                        Rp  13.900/bln
- Penggorengan : 1/36 x Rp 300.000                     Rp    8.400/bln
- Kompor gas : 1/36 x Rp 300.000                        Rp    8.400/bln+
Total                                                                     Rp.105.700/bln 
3.         Biaya operasional per bulan
Belanja bahan baku per hari :
- Singkong (Rp 1.500/kg x 50 kg)                     Rp   75.000
- Minyak goreng (Rp 13.000/kg x 20 kg)          Rp 260.000
- Cabe                                                                      Rp 250.000+
Total                                                                       Rp 585.000

4.         Biaya belanja per bulan :
Rp 585.000 x 30 hari                                        Rp 17.550.000
Plastik kemasan                                                    Rp   1.500.000
Gas 3 kg (Rp 17.500 x 15 tabung)                    Rp      262.500
Gaji pegawai (8 orang x Rp 800.000)                Rp   6.400.000,
Biaya transportasi                                                    Rp   1.000.000,
Biaya penyusutan peralatan                                    Rp      105.700,   +
Total                                                                        Rp 26.818.200

5.         Omset penjualan per bulan
Rata-rata penjualan produk Rp 1.000.000/hari :
Perbulan         : Rp 1.000.000 x 30 hari = Rp 30.000.000,00 

Laba bersih per bulan 
Rp 30.000.000 - Rp 26.818.200          Rp 3.181.800,00

G.      ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI
Secara ekonomi, usaha ini cukup memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar karena hanya menyerap 8 orang tenaga kerja dan memudahkan masyarakat dalam penjualan singkong yang menjadi bahan baku utama produk perusahaan.
Sedang dari segi social usaha ini tidak cukup memberikan manfaat pada lingkungan social masyarakat karena perusahaan masih dalam skala Home Industri. Sehingga kehidupan social masyarkat tidak akan terlalu berubah banyak.
H.      ASPEK HUKUM DAN AMDAL
Sebelum usaha inididirikan terlebih dahulu diurus Surat Izin Usaha, dokumen-dokumen pendukung dalam  pendirian usaha ini dan NPWP pemilik perusahaan. Karena dalam pendirian usaha harus terlebih dahulu dalam pengurusan pendiriian usaha agar perusahaan tercatat sebagai usaha yang sah dan tidak dikai sanksi dalam pelaksanaan kegiatan usaha
Usahakeripk singkong ini dalam pelaksanaannya karena dalam pembuatan produk akan menyisakan limbah produksi seperti kulit singkong, yang terlebih dahulu bisa di olah agar tidak menimbulkan sampah yang banyak pada lingkungan dan menyebabkan aroma yang kurang menyenangkan.

BAB IV
KESIMPULAN

Demikian proposal ini kami susun sebagai landasan dan pertimbangan dari berbagai pihak dalam mensukseskan  kegiatan ini . Kami menyadari tanpa bantuan dan dukungan moril dan materil kegiatan ini tidak mungkin berjalan dengan baik, untuk itu pula kami sangat mengharapkan bantuannya.Semoga Allah SWT memberikan perlindungan dan kemudahan dalam menjalankan segala aktivitas bagi kita semua.Atas bantuan dan dukungannya kami ucapkan terima kasih.




Komentar

Postingan Populer